Investasi Apartemen Yang Menguntungkan

Saat ini bisnis properti di Indonesia kembali dalam performa terbaiknya. Sehingga tak heran jika masyarakat memilih berinvestasi di sektor yang satu ini. Lantaran selain menjanjikan di pasaran, tentu juga karena faktor harga properti yang selalu mengalami kenaikan secara signifikan. Dari sekian jenis properti yang dapat kamu tentukan untuk berinvestasi, diantaranya ada rumah, apartemen, tanah, dan ruko, sebaiknya kamu memilih apartemen. Kenapa? Karena sangat menguntungkan, terlebih lagi di kota-kota besar banyak masyarakat yang memilih apartemen menjadi tempat tinggal mereka.

Apartemen

Apartemen dijadikan tempat tinggal tak hanya kalangan masyarakat yang bekerja sebagai pekerja kantoran saja, tetapi juga berbagai elemen masyarakat. Adapun tujuan masyarakat memilih apartemen sebagai tempat tinggalnya, yakni lebih praktis. Bagaimana tidak, sebuah apartemen pastinya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, seperti minimarket, taman bermain, kolam renang, loundry, dsb.

fasilitas apartemen

Sekarang ini, keberadaan akan apartemen tak lagi berada di pusat kota saja. Melainkan juga sudah tersebar hingga pinggiran kota. Misalnya saja yang terletak di kawasan Tangerang Selatan, kamu bisa menemukan lebih dari empat apartemen yang berdiri menjulang ke langit. Mulai dari daerah Bintaro, Serpong, hingga Ciputat. Hal ini lantaran masyarakat mulai beralih ke daerah pinggiran Ibukota Jakarta untuk lokasi tempat tinggal mereka. Dengan perubahan tersebut, dapat kamu manfaatkan untuk memulai berinvestasi. Kamu nantinya dapat membeli satu apartemen, dan bisa kamu sewakan ataupun nantinya kamu jual kembali.

Berdasarkan riset data yang dilakukan oleh Colliers International, Indonesia pada masa kuartal II-2015, bahwa kinerja apartemen sewa, baik itu servis maupun non servis, tetap di angka yang stabil, yakni hingga mencapai angka 75 persen. Dengan rincian, untuk kawasan Jakarta, berada di angka 75 persen hingga 80 persen. Sedangkan untuk apartemen yang berada di nonprime area berkisar 69,8 persen hingga 70 persen.

Sehingga jika dilihat dari data riset oleh Colliers International tersebut, membuat masyarakat semakin menjatuhkan pilihan untuk berinvestasi apartemen. Namun walaupun seperti itu, kamu juga dituntut harus tetap teliti dalam berinvestasi apartemen. Kamu juga harus jeli dalam menakar untung rugi properti. Berikut ini penjelasan dalam menakar untung rugi apartemen.

investasi apartemen

Menakar Untung Rugi Apartemen

Kamu sebagai calon investor, sebaiknya memperhitungkan bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang optimal, baik itu yang berasal dari penghasilan sewa maupun nantinya dalam menjual kembali apartemen. Untuk mengoptimalkan keuntungan yang bernilai dari sewa pertahun, sebaiknya kamu mencari informasi di sekitar lokasi apartemen kamu. Berapakah tarif sewa standart yang ditawarkan. Setelah mengetahui harga pasaran, kamu jangan lupa juga menghitung biaya perawatan.

Berbeda jika kamu ingin menjual kembali properti. Ada beberapa hal yang harus kamu perhitungkan, yakni pertimbangkan selisih harga jual dan beli. Selain itu kamu juga harus menghitung biaya tambahan yang sudah dikeluarkan sejak proses pembelian, antara lain pajak, sertifikat. Jangan sampai kamu merugi lantaran kurang teliti dalam memperhitungkan harga.